Bagaimana Kondisi Ekonomi Negara Asean? Ini Jawabanya

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat mulai berkembangnya berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk dalam bidang ekonomi. Tentu saja kehidupan manusia tidak lepas dari aktivitas ekonomi seperti jual beli, distribusi, produksi, dan konsumsi. Sehingga dalam suatu negara juga tidak lepas dari sistem perekonomian yang menjadi dasar atau acuan dalam melakukan aktivitas ekonomi. Namun, setiap negara tentu saja memiliki aturan ekonomi yang berbeda sehingga munculah sistem ekonomi yang mewadahi berbagai negara khususnya yang berada di kawasan Asia Tenggara yang dikenal dengan istilah MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean. Dalam MEA sendiri melibatkan berbagai negara termasuk Indonesia, Malaysia, Singapore, dan negara lain yang berada di Asia Tenggara. Sehingga dengan adanya MEA ini mencangkup segala aturan dan sistem dalam ekonomi negara Asean.

Tujuan adanya MEA ini untuk mempererat hubungan dan kerja sama antar negara Asia Tenggara, khususnya dalam melakukan suatu kegiatan ekonomi. Setiap negara tentu saja melakukan suatu perdagangan dengan negara lain sebagai sumber dari pendapatan atau devisa negara, sehingga dengan adanya ekonomi negara Asean sendiri dapat memudahkan negara dalam melakukan perdagangan. Adanya MEA membuat negara mulai bersaing dalam menciptakan berbagai produk yang berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi dimata dunia. Karena dengan berperan aktif dalam MEA, negara tersebut akan mendapat posisi yang lebih baik karena mampu bersaing dengan negara lain. Melihat banyaknya negara yang tergabung dalam MEA, membuat kondisi ekonomi negara Asean menjadi lebih baik dan terarah. Karena sudah tidak ada lagi berbagai bentuk perdagangan ilegal yang dilakukan oleh negara dengan negara lain. Sehingga akan timbul kerja sama yang erat dan baik yang tercipta dalam suatu negara di kawasan Asia Tenggara.

ekonomi negara asean

Ekonomi negara Asean menjadi suatu kegiatan yag dilakukan oleh negara yang masuk dalam anggota Asean. Dalam melakukan aktivitasnya juga termasuk memproduksi suatu barang yang nantinya akan dijual lagi, serta negara juga melakukan kegiatan kunsumsi yaitu dengan membeli produk yang dijual oleh negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *